Fungsi HRD dalam Perusahaan

13 May 2022

Apa itu HRD?

HRD atau human resource development (HRD) adalah bagian dari manajemen sumber daya manusia yang menangani pelatihan dan pengembangan SDM dalam perusahaan. Pengembangan SDM yang dimaksud mencakup pelatihan dan memberikan kesempatan kepada karyawan untuk mempelajari keterampilan baru. Tak hanya itu, HRD juga berperan mendistribusikan sumber daya yang bermanfaat untuk tugas karyawan, dan kegiatan pengembangan lainnya. Keefektifan kinerja suatu organisasi tidak hanya bergantung pada sumber daya yang tersedia, tetapi juga kualitas dan kompetensi SDM-nya. Oleh karena itulah, setiap perusahaan membutuhkan HRD untuk meningkatkan skill dan potensi karyawan agar produktivitas perusahaan turut meningkat.

Mengenal Empat Ketrampilan Dasar Manajer HRD – IntiPesan.com

Fungsi HRD

Pastinya, keberadaan HRD memiliki banyak fungsi. Berikut adalah fungsi-fungsi HRD yang perlu kalian ketahui :

  • Mengelola efektivitas hubungan antar karyawan.
  • Memperoleh dan mempertahankan karyawan berprestasi.
  • Mengelola kompensasi dan benefit karyawan.
  • Menerapkan tindakan yang berbasis keselamatan dan kesehatan.
  • Mengelola kebutuhan rekrutmen masa kini dan masa mendatang.
  • Memastikan hukum berlaku kepada setiap karyawan. 
  • Mengelola training, learning and development, dan onboarding yang berfungsi meningkatkan keterampilan kerja.
  • Mengelola tugas administrasi seperti data karyawan hingga payroll.
  • Memastikan adanya evaluasi untuk setiap kinerja.

 

Tugas dan Tanggung Jawab HRD

Keberadaan HRD dalam organisasi atau perusahaan berperan penting, melihat bahwa setiap karyawan harus dipekerjakan, dipuaskan, dimotivasi, dikembangkan, dan dipertahankan.

Secara umum, tujuan HRD adalah menggunakan orang-orang perusahaan secara efektif. Bertugas mengelola karyawan supaya tetap terarah sesuai visi dan misi perusahaan.

Jadi, apa saja tugas dan tanggung jawab HRD?

 

Penilaian Kinerja

Evaluasi atau penilaian kinerja karyawan merupakan fungsi penting dari HRD. Mengapa demikian? Karena hal ini diperlukan oleh HRD untuk menilai efisiensi kerja karyawan sebagaimana tercermin dalam sikap dan kinerja mereka. Seorang HRD harus melakukan fungsi ini untuk menganalisis dan mengklasifikasikan perbedaan berdasarkan standar kerja karyawan yang dibutuhkan perusahaan.

Pelatihan Karyawan

Fungsi HRD selanjutnya adalah memberikan pelatihan yang tepat kepada karyawan atau pekerjanya. Pelatihan adalah serangkaian tindakan yang bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan karyawan untuk melakukan pekerjaan tertentu. Para karyawan dapat dilatih menggunakan metode yang sistematis dan ilmiah agar mereka mampu melakukan pekerjaan mereka secara efektif dan efisien.

Perencanaan dan Pengembangan Karir

Fungsi HRD selanjutnya adalah perencanaan dan pengembangan karir. Perencanaan karir adalah proses sistematis dimana karyawan dibimbing untuk memilih tujuan karirnya dan jalan menuju tujuan tersebut. Dari sudut pandang perusahaan, perencanaan karir berarti membantu karyawan untuk merencanakan karir mereka dalam konteks persyaratan perusahaan. Perencanaan dan pengembangan karir dilakukan untuk meningkatkan karir serta kesempatan bagi karyawan untuk berkembang. Mulai dari saat mereka direkrut oleh perusahaan hingga saat pensiun.

Perubahan dan Pengembangan Organisasi

Fungsi utama HRD lainnya adalah untuk perubahan dan pengembangan organisasi. Ini melibatkan proses membangun tim karyawan yang solid, pembagian tugas, intervensi struktural, pengembangan peran, dan lain-lain.

Keterlibatan dalam Quality Circle

Quality Circle adalah kelompok kerja karyawan dimana mereka dapat melakukan manajemen terhadap dirinya sendiri. Tentunya tanpa harus ada supervisor yang secara teratur mengidentifikasi, menganalisis, dan memecahkan masalah mereka. Metode ini memungkinkan para karyawan untuk mempelajari keterampilan pengambilan keputusan dan pemecahan masalah dari satu sama lain.

Keterlibatan Partisipasi Karyawan dalam Manajemen

Partisipasi karyawan dalam aspek manajemen memungkinkan pihak manajemen dan pekerja untuk berbagi dan bertukar ide dan pandangan mereka dalam proses pengambilan keputusan bersama dalam perusahaan. Proses pengambilan keputusan bersama bisa jadi wadah untuk pembelajaran dan pengembangan bersama antara karyawan dengan manajer. Oleh karena itu, manajer HRD harus mendorong para karyawan untuk berpartisipasi dalam manajemen perusahaan.

 

Sekian dari artikel kali ini, semoga informasi yang disampaikan bermanfaat. Terimakasih

Tips Mencari dan Memilih WiFi Provider Terdekat

Tips bagaimana mencari dan memilih provider wifi terdekat dengan kamu
Agus Yusida
5 min read

Pentingnya Memilih Layanan Internet Yang Tepat Untuk Kebutuhan Anda

Memilih layanan internet yang sesuai kebutuhan sangatlah penting di mana dengan inetrnet bisa melancarkan aktivitas sehari-hari
priska
5 min read

Jenis Izin Perusahaan Jaringan

Sebagai perusahaan jaringan, memiliki izin jaringan menjadi sebuah kebutuhan utama. Lalu ijin apa saja yang dibutuhkan jika anda ingin membuat atau sudah memiliki perusahaan jaringan?
OpenAccess
5 min read

© 2024 - PT Mari Buka Akses